Subscribe Us

Header Ads

10 Persen Penduduk Dunia Kini Jadi Fans MU
Besarnya jumlah fans ini sangat menguntungkan MU dari sisi komersial.
Kamis, 31 Mei 2012, 11:34 WIB
Edwan Ruriansyah


Para pemain Manchester United  
VIVAbola - Kubu Manchester United menyebut jumlah fans mereka telah mengalami kenaikan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Mereka menyebut 10 persen dari penduduk dunia kini telah menjadi fans MU.

Kubu Setan Merah merilis hasil riset seperti dilansir Tribalfootball. Salah satunya yakni meningkatnya jumlah fans di seluruh dunia menjadi dua kali lipat dalam 5 tahun terakhir.

Jumlah fans MU diprediksi mencapai 659 juta yang tersebar di seluruh dunia. Ini nyaris 10 persen dari populasi dunia yang mencapai 7 miliar jiwa.

Klub yang mampu mendekati jumlah fans MU yakni Barcelona, meski jumlahnya tak disebutkan. Asia menjadi basis fans MU terbanyak karena mencapai dua kali lipat dari jumlah fans Barca.

Survei ini digelar lembaga Kantar yang mengambil responden 54.000 orang dari 39 negara, baik secara online maupun tatap muka. Mereka diberi pertanyaan tentang tim favorit, di mana jawabannya boleh lebih dari satu tim.

Direktur Komersial Kantar, Richard Arnold, menyebut besarnya jumlah fans ini sangat menguntungkan MU dari sisi komersial. Ini dibuktikan dengan  peningkatan pemasukan minimal 10% setiap tahun sejak 2007.

"Fans MU meningkat dua kali lipat dalam 5 tahun. Ini menjadi aset bagus bagi MU untuk terus melebarkan pengaruhnya di dunia," ujar Arnold.

Sayangnya, MU gagal menjadi juara Premier League musim terakhir setelah kalah selisih gol dengan rival sekota Manchester City. Jika prestasi MU menurun, bukan mustahil jumlah fans mereka juga akan ikut mengalami penurunan. (irb)

Posting Komentar

0 Komentar